• Breaking News

    Wednesday, May 24, 2017

    Apakah Saraf Kejepit Itu




    Illustrasi Saraf Kejepit


    Porindo.blogspot.com - Belakangan ini banyak yang mengatakan dengan mengkonsumsi kolang-kaling setiap hari bisa menyembuhkan saraf yang kejepit.
    Apakah benar dengan mengkonsumsi kolang-kaling setiap hari bisa menyembuhkan saraf yang kejepit?
    Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut mari kita lihat apakah yang dimaksud dengan saraf yang kejepit tersebut.

    Sarah yang kejepit di sebut dengan Herniates Nucleus pulposus (HNP) adalah jenis kerusakan atau cedera pada saraf atau jaringan saraf. Penyakit saraf kejepit terjadi ketika ada tekanan yang dialami pada saraf oleh jaringan sekitarnya.
    Jaringan tersebut adalah tulang, tulang rawan, otot, tendon.
    Penyebab saraf kejepit sendiri bisa dari berbagai macam faktor, seperti postur tubuh yang buruk, osteoartritis, stres dari kegiatan pekerjaan, hobi atau olahraga berat, terjatuh, kecelakaan, duduk yang terlalu lama dengan posisi tidak lurus dan obesitas.



    Daerah Rawan Saraf Kejepit


    Dengan banyaknya faktor penyebab ini maka HNP memerlukan fase pengobatan yang lebih kompleks dan bertahap.
    Jika nyeri saraf kejepit dirasakan untuk waktu yang singkat dengan istirahat yang cukup, melemaskan otot dengan pijatan ringan atau stimulasi listrik maka saraf akan kembali normal.
    Namun jika rasa sakit terjepit semakin parah atau berlangsung lama, anda mungkin perlu memiliki evaluasi lebih lanjut dari pengobatan dokter.

    dr Andri Primadhi, SpOT dari Devisi Foot and Ankle Departmen Ortopedi dan Traumatologi Falkutas Kedokteran Universitas Padjadjaran mengatakan kepada detik.com bahwa, untuk pengobatan HNP salah satunya diperlukan modifikasi aktivitas sehari-hari guna membantu mengurangi gejala. Juga diperlukan terapi fisik atau penggunaan alat penopang punggung.
    Apabila diperlukan, obat-obatan juga dapat diberikan.

    "Pada kasus-kasus tertentu memang memerlukan operasi, misalnya apabila gejala tidak kunjung membaik bahkan bertambah berat, yang disertai dengan gangguan saraf-sara tulang belakang." ungkap dr Andri.

    Dan dr Muki Partono, SpOT, dari RS Pondok Indah (RSPI) beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa pada kasus saraf kejepit yang ringan, dimana tekanan belum terlalu besar, maka tindakan tidak harus selalu operasi.
    HNP pada grade 1 atau 2 masih bisa di lakukan terapi suntik, radio, atau laser. Namun pada grade 3 dan 4 harus operasi.

    Dia juga mengatakan bahwa, "Ketika struktur tulang belum banyak terganggu dan saraf terjepit hanya karena ada pembengkakan ringan saja maka suntikan steroid bisa di berikan. Steroid merupakan anti radang sehingga akan mengecilkan tekanan pada saraf."

    (13/13)

    sumber :
    detik.com ; terapisyaraf.com


    Selengkapnya : porindo.blogspot.com

    Facebook : PorindoNews, https://www.facebook.com/porindo.news
    Twitter      : PorindoNews, https://www.twitter.com/porindonews

    Dont Forget to Like, Comment, Share and Subcribe for More.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Culture