• Breaking News

    Saturday, June 24, 2017

    Hari Kemenangan Sudah Di Tentukan

    Hari Kemenangan Sudah DI Tentukan


    Kementrian agama telah selesai menggelar sidang Isbat. Hasilnya diputuskan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H jatuh pada tanggal 25 Jui 2017.

    "Atas dasar laporan tersebut seluruh peserta sidang isbat sepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 Syawal 1438 H," kata Menag Lukman Hakim saifuddin di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat pada hari sabtu (24/6).

    "Dan demikian mulai besok pagi kita bersama melaksanakan salat Id, Salat Idul Fitri sebagaimana ketentuan. Dan dengan demikian kita telah berhasil menyepakati sekaligus menetapkan bahwa mulai malam ini kita telah memasuki 1 Syawal 1438 H," jelasnya.

    Sebelumnya ada 6 petugas yang menyatakan telah melihat hilal, dan empat diantaranya berada di Nusa Tenggara Timur, Kupang, dan dua lainnya berada di Gresik, Jawa Timur.
    Hilal merupakan salah satu metode penentuan Idulfitri, metode ini menentukan ketinggian bulan sabit (hilal), ahli hisab menyatakan ketinggian 2 derajat sudah terhitung bulan baru, tetapi beberapa ahli menyatakan ketinggian harus minimal 4 derajat.
    Dan untuk posisi hilal diseluruh Indonesia diperkirakan sudah lebih dari 3 derajat.

    Rangkaian sidang Isbat sendiri diawali pemaparan Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, terkait posisi hilal secara astronomis pada 29 Ramadan 1438/2017. Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat. hal ini sebagaimana diatur di dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

    Sejumlah perwakilan ormas turut hadir dalam sidang Isbat ini di antaranya perwakilan dari Muhammadiyah dan PBNU.
    Tokoh yang datang seperti Ketum MUI KH Maruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Ustaz Zaitun Rasmin, Anggoa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Endang Mintarja dan lainnya.

    Untuk itu, didalam hari raya yang penuh kemenangan ini. Porindo mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H 2017, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

    (13/13)

    sumber:
    detik.com ; google.co.id

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Culture