• Breaking News

    Tuesday, July 11, 2017

    Sosok Eva Ekeblad Pada Google Doodle adalah ......


    Eva Ekeblad Google Doodles, PORINDO.com - Google Doodles adalah Kumpulan Logo Mesin pencari Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang mendukung Google. Sudah sejak cukup lama koleksi google doodle yang dimiliki Google sendiri mulai diadakan.

    Seperti kebiasaan pada umumnya, mesin pencari nomor satu di dunia, melakukan perubahan Logo yang ada pada mesin pencariannya di setiap hari untuk memperingati seseorang, negara ataupun hari besar peringatan lainnya.

    Nah pada kesempatan kali ini Google Doodle merilis serupa meja potong/talenan serta potongan kentang yang dibentuk menjadi kata 'Google' dan seorang wanita, karya Doodle spesial kali ini dipersembahkan untuk memberingati hari ulang tahun Eva Ekeblad ke-293.

    Baca Juga : 11 Permainan Rahasia di Google

    Biografi Eva Ekeblad

    Eva Ekeblad adalah seorang wanita kelahiran Stockholm, 10 Juli 1724 dan meninggal di Lidköping, 15 Mei 1786 pada usia yang ke-61 tahun, Eva Ekeblad atau sapaan waktu kecilnya nee Eva De la Gardie adalah seorang agronom, ilmuwan, salonis (semacam perkumpulan rutin di antara banyak orang dalam satu atap untuk bertukar ilmu dan pengalaman), serta seorang bangsawan Swedia. 

    Kenapa Eva Ekeblad ?

    Hal yang membuatnya dikenal oleh orang banyak adalah membuat tepung dan alkohol dari kentang pada tahun 1746. Eva Ekeblad adalah wanita pertama yang menjadi anggota dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada tahun 1748. Karya peninggalan-nya dalam mengekstrak kentang tersebut pun tidak hilang dimakan jaman.

    Kontribusinya tidak hanya itu, pada jamannya kentang hanya dibudidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat meski kentang telah diperkenalkan ke Swedia pada tahun 1658. Eva ekeblad menjadikan kentang lebih merakyat dan menjadi makanan pokok orang Swedia.

    Kontribusinya dalam melakukan penanaman kentang secara massal memberikan dampak dalam banyak hal. Salah satunya adalah pasokan gandum dan jelai untuk membuat roti semakin meningkat dan mengurangi angka kelaparan di Swedia.

    Bahkan di tahun 1751 ia menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun. Mengsubstitusi bahan - bahan berbahaya dalam komestik dengan menggunakan bunga kentang. Bisa dibayangkan bukan kontribusi-nya yang luar biasa ?
    Atas segala kontribusinya tersebut, Eva Ekeblad didaulat sebagai anggota kehormatan pada organisasi kaum akademik tingkat tinggi tersebut. iapun dipercaya untuk mengurus tiga perkebunan oleh keluarganya, Eva Ekeblad seringkali digambarkan dengan sifat yang tempramental namun adil dan melindungi kaum petani.

    Tak heran bukan sosok wanita bernama Eva Ekeblad tersebut masih terus dikenang dan dirayakan dengan doodle yang dipersembahkan oleh Google atas segala kontribusinya yang berkesan dan mendalam bagi masyarakat Swedia hingga kini.

    Hayo, apa kalian mau menyusul menjadi salah satu orang yang mempunyai kesan bagi Masyarakat di Negara-mu ? Mulailah dari sekarang dan jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang disekitarnya.

    Sumber : Wikipedia Indonesia

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Culture