• Breaking News

    Thursday, June 8, 2017

    Sophie Rickmers YangTerkubur Dikedalaman

    Sophie Rickmers Yang Terkubur Dikedalaman

    Pulau Weh, pulau kecil yang masuk kedalam provinsi Aceh, terletak di barat laut pulau Sumatra yang berada di Laut andaman, dan pulau ini terbagi menjadi 2 kelompok pulau, yaitu Kepulauan Nikobar dan Kepulauan Andaman.
    Keindah pulau Weh sendiri tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya di indonesia, keindah ini terbukti dengan banyaknya turis asing dan turis domestik yang mengunjungi pulau Weh, salah satu tujuan turis mengunjungi pulau weh adalah untuk menyelam dan melihat Sophie Rickmers terkubur di kedalaman laut pulau Weh sejak 72 tahun lalu.

    Sophie Rickmers, adalah kapal kargo Jerman, kapal ini tenggelam pada 10 mei 1940 pada Perang Dunia Kedua.
    Sophie Rickmers yang kebetulan memasuki wilayah Sabang, yang saat itu menjadi wilayah kekuasaan Belanda, terpaksa di tenggelamkan oleh kaptennya sendiri, sebab belanda hendak menguasai kapal tersebut.
    Sang kapten memerintahkan anak buahnya untuk menenggelamkan kapal dengan cara membuka bagian palka dan hingga akhirnya kapal ini terbenam dengan sendirinya.
    Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa karena seluruh awak kapal berhasil menyelamatkan diri.

    Terkubur Dikedalam 50 Meter

    Untuk melihat Sophie Rickmers tidak semua orang bisa melakukannya, karena Sophie berada di kedalaman 50 meter dari permukaan laut, dan tentu saja dengan kedalaman ini, tidak sembarang penyelam diperbolehkan menyelam disini, karena beberapa syarat berlaku untuk menyelam di spot ini.
    Dikedalaman seperti ini penyelam harus mengenal sistem menyelam yang benar dan perlu membawa dua tabung, Jam selam pun harus lebih dari 50 kali, nafas penyelam tidak boleh boros, serta mengenal sistem dive computer dengan baik, selain itu juga syarat fisik dan mental harus baik.

    Saat pertama menyelam, penyelam tidak akan melihat terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni disekelilingnya, namun sejauh mata penyelam hanya melihat air laut disekelilingnya, hingga dikedalaman 40 meter, akan ada sosok lain yang nampak. sebuah bayangan samar dari sebuah benda besar, yang tergeletak di atas pasir.
    Semakin dalam maka semakin jelas wujudnya, sebuah kapal dengan panjang 134 meter yang berbaring sendiri, berselimutkan terumbu karang dan berbagai jenis ikan.


    Pusat Kehidupan Dibawah Laut

    Tergeletak di pasir laut, dikelilingi dinding laut yang biru pekat, Sophie adalah tempat kehidupan dasar laut berbagai macam mahluk laut.
    Berbagai jenis terumbu karang melekat di tubuh Sophie, ikan-ikan kecil yang penuh warna serta ikan-ikan besar seperti kerapu dan kuwe, belut moray, hidup bersama ditubuh kapal ini, melengkapi keindahan Sophie yang sangat memukau.


     


    (13/13)

    sumber:
    detik.com ; nationalgeographic.co.id ; id.wikipedia.org ; google.co.id

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Culture